Kamis, 29 November 2012

Jejaring Sosial



Hai hai hai,, apa kabar??

Sekarang gw, saat ini, detik ini,, gw akan memberikan yaa sedikit informasi  tentang jejaring sosial. Gak jauh2 kaya post – post gw yang sebelumnnya, new entri dari gw ini menggunakan bahasa sehari – hari gw.
Langsung aja yuukk

Pada bertanya – Tanya gak sih apa itu jejaring sosial?? Didalam otak kalian pasti bakal muncul kata Facebook, Twitter, dll  kalo ngedenger kata “Jejaring Sosial”.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan Jejaring Sosial itu sendiri??

Kurang lebih adalah sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.

Kalo kaya gitu, udh mirip banget dong yaa sama apa yang ada dibenak kita. :D

Munculnya jejaring sosial itu Karena ada niatan dari orang tahun 80an untuk menghubungkan orang – orang yang ada dibelahan bumi kita ini. Usaha tentara amerika kini membuahkan hasil sampe sekarang yang udah berkembang pesat banget. Dari Cuma chat chat doing sampe skarang udh bisa liat foto – foto aktifitas kita pribadi yang di share dimana-mana.

Urutan  kemunculan jejaring sosial itu dimulai pada
1.       1997 => Sixdegrees.com
2.       1999 – 2000 => Lunarstrom, Live Journal, Cyword
3.       2001 =>  Ryze.com
4.       2002 => Friendster
5.       2003 =>  Friendster, Flick R, You Tube, Myspace
6.       2006 =>  Facebook
7.       2009 =>  Twitter
8.       2012 =>  yang katanya muncul miniblog yang disebut Ketiker

Berikutnya semua itu deskripsi dari jejaring sosial, sekarang ayo kita intip kelebihan dari jejaring sosial itu sendiri.

Kelebihan yang sangat sangat terasa bagi pengguna jejaring sosial adalah kita mudah berkomunikasi dengan orang yang sangata jauh, hampir dari seluruh belahan bumi kita. Selain penghubung antara individu, jejaring sosial juga udh kaya jendela dunia, bisa berbagi informasi dari mana-mana dari yang rahasia sampe yang luar biasa. J

Gak lengkap kalo cuma kelebihannya aja nih, kalo ada positif pasti juga ada negative, karena hidup itu seimbang bung.

Munculnya jejaring sosial itu bikin kita males untuk ngobrol langsung alias kurangnya kadar interaksi interpersonal. Sebentar – sebentar chat, memudarkan insting manusia untuk saling berkomunikasi secara langsung. Dampak negative lainnya itu biasanya berada pada jangka panjang, membuat orang jadi kecanduan yang berlebihan dan hilangnya privasi seseorang.

Pasti kita gak mau dong kalo privasi kita ilang di dunia maya?!

So, kita sebagai salah satu dari sekian juta orang yang memakai jejaring sosial, ada baiknnya untuk saling menghargai dan mengikuti norma yang berlaku.

Sekian dulu yaa new entri yang satu ini. Trimss
Salam hangat.
Sampai jumpa :D

1 komentar: