Sabtu, 20 April 2013

Pencemaran Lingkungan

Selamat malam menjelang pagi,,

Ini tugas ketiga gw, kali ini gw harus ngebahas mengenai semua hal yang ada di bumi kita ini. Gw mikir mau nulis apa?! tp pada akhirnya secercah cahaya muncul didalam kepala gw layaknya bola lampu yang nyala. CRING CRING AHA!!

So,, dengan begitu gw memutuskan untuk menulis SESUATU, tapi apa itu?! SESUATU itu adalah sebuah artikel mengenai PENCEMARAN.. hohoho

Apa sih pencemaran lingkungan itu??? Kalo ada yang punya pendapatnya, boleh banget buat koment di blog gw ini. FREEEE *ala k@kaotalk 

Menurut Undang - Undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No.4 Tahun 1982, polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat energi, dan/atau komponen lain yang ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Panjang juga yaa artinya, sampe yang ngetik fiuuhhhh letih.

FYI : Segala sesuatu yang dapat menyebabkan pencemaran dinamakan polutan atau bahan pencemar.
  
Polutan itu ada jenisnya juga ternyata,, disini ada 2 jenis polutan, yaitu :
  1. Bahan pencemar yang terdegradasi.(Bisa hancur, didekomposisi, atau dihilangkan)
    • Bahan pencemar terdegradasi cepat.(limbah hewan, limbah manusia, dan limbah perkebunan).
    • Bahan pencemar terdegradasi lambat.(bahan radioaktif dan senyawa sintetis).
  1. Bahan Pencemar yang tidak terdegradasi.(Tidak dapat di dekomposisi) Cth : merkuri, plastik, aluminium.
Sepertinya semakin paham dong yaa mengenai sampah sampah diatas. Kalo sampah masyarakat kayanya belom masuk kategori diatas, jadi tunggu aja, mungkin peneliti akan menemukan kategori yang tepat kelak.

Pencemaran lingkungan juga ditentukan oleh tempatnya juga loohhh,, udah pada tau kan yaaa??? disini pencemaran lingkungan berdasarkan tempatnya di bagi 3, yaitu 

1. Pencemaran Air
Udah pernah perhatiin sungai sungai yang ada daerah jakarta utara kan?? pecah banget men itu sungai, kecipratan sedikit, kulit lo bisa pada meleleh. angker abis. Biasanya pencemaran diair ini disebabkan oleh limbah2 industri, rumah tangga, dan perkebunan. Selain karena bahan kimia, pencemaran lingungan juga bisa disebabkan oleh tumbuhan loh, seperti enceng gondok, yang mengkonsumsi oksigen yang ada didalam air dan membunuh semua biota air yg ada disitu.

2. Pencemaran Udara
Kalo yang ini udah menjadi trend di jakarta belakangan ini, kondisi udara jakarta yang makin hari makin fiuuhhh panas dan kotor bikin kita ingin bertindak menjadikan udara dijakarta lebih baik dari ini.
Udara bisa dibilang murni alias tidak tercemar jika komposisinya sesuai dengan yang tercantum diatas. Sebaliknya, kalau ada salah satu memiliki konsentrasi yang lebih tinggi itu dapat mengganggu bagi makhluk hidup lainnya. Pencemaran udara lebih sulit dideteksi dari pada pencemaran air maupun tanah, karena udara tidak terlihat oleh mata.

Pencemaran udara ini lebih berdampak pada perlindungan bumi kita terhadap bedan asing yang masuk ke bumi. Mampu menyebabkan penipisan lapisan ozon yang ada dipermukaan bumi, selain itu juga mampu menyebabkan pemanasan global, yang berdampak kepada perubahan iklim bumi kita.

3. Pencemaran Tanah
Sama kaya air dan udara, tanah juga bisa tercemar, pencemaran tanah adalah suatu dampah limbah rumah tangga, industri, dan penggunaan pestisida yang berlebihan pada tanah. Kaya gimana sih yg disebut dengan pencemaran tanah?? Biasanya pencemaran tanah itu meliputi penurunan estetika tanah dan terdapat zat kimia berbahaya/beracun didalamnya. Yang sering kita temukan adalah penggunaan pestisida yang berlebihan dan berdampak pada matinya organisme yang bermanfaat bagi tanah, salah satunya cacing tanah.

Tapi jangan sedih!! Ada pula solusi dari pencemaran tanah itu, prosesnya dinamakan remediasi yang berarti upaya untuk membersihkan tanah dari bahan pencemar. remediasi yang menggunakan bantuan organisme disebut bioremediasi, sedangkan remediasi yang menggunakan tanaman disebut fitoremediasi.


Naah, temen2 gw yang baik hatinya, udah taukan berbagai jenis sampah dan pencemarannya, sekarang kan udah banyak tuh tempat samapah yang warna warni sebagai simbol penjenisan dari sampah yang seharusnya dibuang supaya mudah diolahnya. Sampe banyaknya jenis tempat sampah bisa bikin gw atau kalian pusing, tapi itu bukan jadi alasan buat buang sampah sembarang yaa. Itu kan diberikan banyak jenisnya supaya kita terhindar dari pencemaran ini itu, so mari kita patuhi bersama. 

Selain itu juga kita harus bijaksana menggunakan kendaraan bermotor atau penggunaan air, supaya tidak memperburuk keadaan. Udah taukan  pencemaran bisa terjadi dimana2, jangan sampe pencemaran juga terjadi pada diri dan otak kita dengan tidak melaksanakan perbuatan non-etis dengan ke-egoisan kita. yang bisa naek kendaraan umum yaa naeklah itu, jangan gaya2an ke warung deket rumah aja sampe harus naek mobil *lebay abis tuh yg kaya gitu. Kalo bisa gak mandi tapi tetep bersih dan wangi boleh juga dicoba tuh, biar air hemat, tp tetep hemat dan pelit hampir mirip, pikirkan diri kita dan pikirkan lingkungan kita. Kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Sekian dari saya, tetep semangat, tetep sehat, supaya bisa hidup untuk hari ini dan esok demi masa depan yang lebih baik.

Hidup Go Green :D


Sumber :
 Pujiyanto, Sri. 2008. Menjelajah Dunia Biologi 1. Cetakan Pertama. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri : Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar