Minggu, 07 April 2013

Tujuan Mempelajari IAD

Hai hai hai,,

selamat malam the reader, not RIDER okee.. hohoho *it'll change our mind :D

Ini tugas pertama gw untuk tugas di kelas pengulangan gw,,
Sama seperti "title" post nyaa, gw akan memberikan penjelasan mengenai tujuan mempelajari IAD.

So,, langsung aja yaa

IAD?? apa sih IAD itu??
IAD itu singkatan dari Ilmu Alamiah Dasar. Dan merupakan salah satu mata kuliah softskill di jurusan psikologi,

Ilmu alamiah merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

Pengalaman merupakan salah satu cara terbentuknya pengetahuan, pertambahan pengetahuan didorong oleh:
  1. Dorongan untuk memuaskan diri yang bersifat nonpraktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas(keingin tahuan) dan memahami hakikat alam semesta dan isinya.
  2. Dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi.
Kedua dorongan itu menumbuhkan kemajuan ilmu pengetahuan. Dorongan pertama menuju ilmu pengetahuan murni dan yang kedua ilmu pengetahuan terapan. Ilmu Alamiah merupakan kegiatan manusia yang bersifat aktif dan murni. Sedangkan menurut beberapa ahli, tujuan ilmu alamiah adalah mencari kebenaran tentang objeknya yaitu alam semesta, dan kebenaran itu bersifat relative

Dengan mempelajari ilmu alamiah dasar, kita kurang lebih mampu memahami apa yang ada disekitar kita, yang biasanya berkaitan dengan alam semesta. Tetapi semua misteri ataupun fenomena tersebut harus dibuktikan dengan teratur, sistematis, berobjek, bermetode, dan berlaku secara universal. Mulai dari tentang manusia dan kehidupannya di bumi ataupun bagaimana fenomena dialam semesta.

Menarik sangat yaaa, dengan mempelajari ilmu alamiah dasar suatu saat mungkin kita mampu menguak lebih banyak misteri yang ada dimuka bumi ini.
 
Sekian penjelasan mengenai tujuan ilmu alamiah dasar yang mampu saya jabarkan, kurang lebihnya mohon maaf. :D

Selamat malam dan sampai jumpa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar